Rabu, 18 November 2009

Kesalahan belajar bahasa 1

Kalau kita ingin belajar bahasa, bahasa apapun juga, yang kita cari di toko buku adalah sebuah buku bahasa untuk kita baca. Kemudian kita membaca buku bahasa tersebut dan menghapalkannya dengan harapan agar kita bisa berbicara dlm bahasa tersebut. Padahal dengan menghapalkannya kita tidak akan bisa berbicara dalam bahasa tersebut. Seharusnya kita mulai belajar bahasa dengan mendengar, bukan membaca.Seperti bayi yang baru lahir, Dia tidak akan bisa membaca ataupun menulis. Dia hanya bisa mendengar. Setelah berumur 2 tahun, luar biasa. Dia bisa berbicara dengan lancar tanpa belajar tatabahasa, terjemahan,kosakata, dll.Dia bisa berbicara hanya dengan mendengar sekelilingnya dan otomatis akan menirukan.Belajar bahasa tidak bisa dimulai dengan membaca. Belajar bahasa harusnya alamiah,seperti halnya bayi, dimulai dari mendengar, diikuti dengan berbicara, kegiatan membaca dan menulis akan dipelajari setelah dia masuk sekolah.
Pertanyaan disini adalah mendengarkan apa dan dengan perangkat apa? Apakah cukup dengan kaset?
Kita ambil contoh misalnya, kita belajar bahasa perancis dengan buku. Di buku tersebut terdapat tulisan " c'est un livre". Apakah kita bisa membaca kalimat tersebut dengan ucapan yang benar. Tanpa mendengar kitapun pasti salah mengucapkannya.
Kemudian kita membeli kaset bahasa perancis, dan kita mendengar kalimat " c'est un stylo". Mungkin kita bisa mengucapkan dengan benar, tetapi apakah kita mengerti artinya. So harusnya bagaimana belajar bahasa yang benar?...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar